Dec 30, 2014

Begini Seharusnya Menjadi Guru

Begini Seharusnya Menjadi Guru - Berita & Artikel - LapakBunda.com

Mengajar adalah profesi yang mulia, tidak dapat disamai oleh profesi lain apapun dalam hal keutamaan dan kedudukan. Semakin bermanfaat materi ilmunya maka semakin tinggi pula kemuliaan dan derajat pemiliknya. Dan ilmu yang paling mulia secara mutlak adalah ilmu syari’at, baru kemudian ilmu-ilmu pengetahuan yang lain, masing-masing sesuai dengan tingkatannya. Tugas seorang pengajar tidak sebatas menyampaikan materi pelajaran kepada anak didik saja bahkan ia merupakan tugas yang berat dan sulit –tetapi akan mudah bagi siapa yang dimudahkan Allah-. Tugas tersebut menuntut seorang pengajar bersifat sabar, amanah, ketulusan, dan mengayomi yang di bawahnya. Hendaklah seorang pengajar yang baik itu, meneladani cara mengajar ala Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam karena beliaulah suri teladan bagi umat manusia.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلُ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu,” (Al Ahzab: 21)

Berikut beberapa karakter-katakter yang hendaknya dimiliki oleh seorang guru:

1. Mengikhlaskan Mengajarkan Ilmu untuk Allah

Ini adalah sebuah perkara yang agung yang dilalaikan banyak kalangan pengajar dan pendidik, yaitu membangun dan menanamkan prinsip mengikhlaskan ilmu dan amal hanya untuk Allah. Berapa banyak ilmu yang bermanfaat dan amalan-amalan yang mulia untuk umat, namun pemiliknya tidak mendapat bagian manfaat darinya sedikitpun dan hilang begitu saja bersama hembusan angin bagaikan debu yang beterbangan. Demikian itu disebabkan karena pemiliknya tidak mengikhlaskan ilmu dan amal mereka serta tidak menjadikannya di jalan Allah. Tujuan mereka bukan untuk memberikan manfaat kepada saudara-saudara mereka kaum muslimin dengan ilmu dan pengetahuan serta amalan-amalan tersebut. Tujuan mereka hanya semata meraih kehormatan atau kedudukan dan yang sejenisnya, karena itu sangat layak bila amalan-amalan tersebut hilang begitu saja bagaikan debu yang beterbangan. Ya, benar, adakalanya mereka itu mendapatkan manfaat dengan ilmu dan pengetahuan mereka di dunia, berupa sanjungan, pujian, dan sejenisnya, tetapi ujung-ujungnya bermuara kepada kesirnaan. Barangkali hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu melukiskan kenyataan ini:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“…dan seorang laki-laki yang belajar dan mengajarkan ilmu serta membaca Al Qur‘an, lalu dia didatangkan dan Allah mengingatkan nikmat-nikmatNya (kepadanya) dan dia pun mengenalnya. Allah berfirman, ‘Apa ynag kamu lakukan padanya?’ Dia berkata, ‘Saya belajar ilmu dan mengajarkannya serta membaca Al Qur‘an demi Engkau.’ Allah berfirman, “Kamu berdusta, akan tetapi kamu belajar ilmu supaya dikatakan alim; Kamu membaca Al Qur‘an supaya dikatakan qari, dan itu telah dikatakan.’ Kemudian diperintahkan agar dia diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke dalam api neraka…”. (HR. Muslim, An Nasa‘i, Ahmad, dan At Tirmidzi)

Oleh karena itu, persembahkanlah seluruh amal hanya untuk Allah saja tanpa mengharap pujian. Adapun jika setelah itu ia memperoleh sanjungan dan pujian dari manusia, itu adalah anugerah dan nikmat dari Allah, dan segala puji hanyalah milik Allah.

Ibnu Rajab rahimahullaah berkata,
“ Adapun jika dia melakukan sebuah amalan, murni untuk Allah, kemudian Allah melemparkan pujian baik baginya di hati orang-orang Mukmin dengan hal itu, lalu dia merasa senang dengan anugerah dan rahmat Allah serta merasa gembira dengannya, maka hal itu tidak mengapa baginya. Pada makna ini terdapat hadits Abu Dzar radhiyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau ditanya tentang laki-laki yang melakukan sebuah amalan ikhlas untuk Allah berupa kebaikan, yang lantaran itu ia dipuji oleh orang-orang, maka beliau bersabda, ‘Itu adalah berita gembira orang beriman yang disegerakan’. “(HR. Muslim) -selesai nukilan-

Poros dari semua terletak pada niat, dan niat tempatnya adalah di dada dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah ta’ala.

2. Jujur

Sifat jujur adalah mahkota di atas kepala seorang guru pengajar. Jika sifat itu hilang maka dia akan kehilangan kepercayaan manusia akan ilmunya dan pengetahuan yang ia sampaikan. Jujur adalah kunci keselamatan hamba di dunia dan di akhirat. Allah ta’ala telah memuji orang-orang yang jujur dan memotivasi orang-orang mukmin agar termasuk di antara mereka dengan firmanNya,

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur.” (QS. At-Taubah: 119).

Karakter Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berupa sifat jujur, memiliki pengaruh besar di dalam masuknya banyak manusia ke dalam agama Allah. Kejujuran seorang pengajar akan menanamkan rasa percaya anak didik kepadanya dan kepada perkataannya serta menghormatinya. Kejujuran seorang pengajar akan terlihat pada konsekuensi-konsekuensi tanggung jawab yang dipikul di atas pundaknya, yang diantaranya adalah mentransfer pengetahuan lengkap beserta dengan hakekat dan pengetahuan-pengetahuan yang dikandungnya kepada para generasi penerus, sehingga berdusta kepada siswa akan menjadi perintang dalam proses penyampaian ilmu dan menghilangkan kepercayaan dan efeknya juga akan merambat ke masyarakat.

3. Berakhlak Mulia dan Terpuji

Tidak diragukan lagi bahwa kata yang baik dan tutur bahasa yang bagus mampu memberikan pengaruh di jiwa, mendamaikan hati, serta menghilangkan dengki dan dendam dari dada. Demikian juga raut wajah yang tampak dari seorang pengajar, ia mampu menciptakan umpan balik positif atau negatif pada siswa karena wajah yang riang dan berseri merupakan sesuatu yang disenangi dan disukai jiwa. Adapun bermuka masam dan mengernyitkan dahi adalah sesuatu yang tidak disukai dan diingkari jiwa. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling agung akhlaknya, lemah lembut dan penuh kasih sayang, bukan sosok yang bersikap keras lagi berhati kotor, tidak pula berlaku ekstrim.

Dari Atha‘ bin Yasar, dia berkata, “Saya bertemu Abdullah bin Amr bi Al Ash radhiyallaahu ‘anhuma, saya berkata,
‘Ceritakanlah padaku tentang karakter Rasulullah di dalam Taurat.’ Dia berkata, ‘Ya, demi Allah, sungguh di dalam Taurat beliau disifatkan dengan sebagian karakter beliau yang disebutkan di dalam Al Qur‘an, ‘Wahai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi dan pemberi kabar gembira serta pemberi peringatan, juga penganyom bagi kaum yang tidak bisa baca tulis. Kamu adalah hambaKu dan rasulKu. Aku namai kamu dengan al Mutawakkil, tidak keras dan juga tidak kasar, tidak suka berteriak di pasar, tidak membalas keburukan dengan keburukan, malainkan memberi maaf dan bersikap lapang’. Allah tidak akan mewafatkan beliau hingga Dia meluruskan agama yang bengkok dengan beliau, sampai mereka mengucapkan Laa Ilaha Illallah, serta Dia membuka mata-mata yang buta dengan beliau, juga telinga-telinga yang tuli, dan hati-hati yang lalai.” (HR.Bukhari dan Ahmad)

Karakter-karakter tersebut haruslah ada dalam dakwah karena orang yang didakwahi butuh kepada orang yang bersikap lemah lembut.

4. Tawadhu‘ (Rendah Hati)

Tawadhu‘ adalah sikap terpuji, walaupun bentuk merendahkan diri, hal itu jika di sisi Allah, maka betapa nikmat dan lezatnya karena ubudiyah tidak akan terealisasi dan tidak akan sempurna kecuali dengan sikap merendahkan diri kepada Allah. Adapun sikap merendah kepada makhluk, maka hal itu khusus hanya pada orang-orang mukmin saja.

Jika seseorang muslim memerlukan sikap tawadhu‘ supaya sukses dalam hubungan vertikalnya dengan Allah kemudian hubungan horizontalnya dengan masyarakat, maka tingkat kebutuhan seorang guru kepadanya lebih tinggi dan lebih kuat karena profesinya yang bersifat ilmu, pengajaran, dan pengarahan mengharuskan adanya komunikasi dengan anak didik dan dekat dengan mereka.

Jika seorang pengajar berlaku sebaliknya yaitu takabbur (sombong) maka tidak akan mampu meraih tujuan dari mengajar.

Wahai para guru…jadilah engkau teladan bagi muridmu…
Tularkanlah ilmumu…
Bersahabatlah dengan mereka dan sertailah dengan akhlak yang mulia…
Niscaya kenikmatan itu akan nampak di depan matamu
Dan begitu terasa dalam hatimu

Bersambung insya Allaah…

Penyusun: Lilis Mustikaningrum

Murojaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Mengutip dari buku “Begini Seharusnya Menjadi Guru” dengan beberapa tambahan.
Judul asli : Al Mu’allim al Awwal (Qudwah Likulli Mu’allim wa Mu’allimah)
Penulis : Fu’ad bin Abdul Aziz asy Syalhub​

Artikel www.muslimah.or.id

Gambar  : blackboard.grupoa.com.br



Berita & Artikel

Sup Bening Super Mudah untuk Menghadang Virus

Sup Bening Super Mudah untuk Menghadang Virus

Sebulan terakhir ini, saya sering sekali melihat update status para teman sejawat (baca: ibu) yang cerita kalau anaknya sakit. Anak sahabat saya bahkan dirawat di rumah sakit selama 8 hari....

Khasiat Putih Telur

Khasiat Putih Telur

Konsumsi telur memang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein kita. Terlebih untuk putih telur yang kita konsumsi. Banyak orang yang masih belum tahu bahwa pada dasarnya putih telur memiliki...

Daftar Makanan Sehat dan Enak untuk para Ibu Hamil

Daftar Makanan Sehat dan Enak untuk para Ibu Hamil

Sebagai salah satu anugerah terindah dalam hidup, kondisi kehamilan tentu menjadi hal penting yang masuk ke dalam daftar prioritas utama para perempuan. Karenanya, tak jarang perempuan jadi lebih...

Benarkah baju ihram bagi wanita harus putih?

Benarkah baju ihram bagi wanita harus putih?

Ada beberapa jamaah haji wanita Indonesia yang salah paham bahwa pakaian warna putih adalah sunnah hukumnya bagi wanita. Apalagi di Indonesia sudah terbiasa menggunakan mukena yang berwarna putih....

Rumah Hemat Energi

Rumah Hemat Energi

Hemat energi barangkali menjadi isu yang serius dewasa ini, seiring dengan makin menurunnya jumlah cadangan sumber energi yang bermanfaat untuk membantu keberlangsungan kehidupan manusia. Oleh...

Trend Warna Rumah Minimalis

Trend Warna Rumah Minimalis

Terkadang Anda telah bekerja keras untuk mendekorasi ulang kamar, memasang penutup jendela baru, dan menata kembali perabotan, namun terkesan hal itu belumlah selesai. Kemungkinan Anda telah...

Tips Menghemat Pemakaian Listrik

Tips Menghemat Pemakaian Listrik

Pepatah jaman dulu mengatakan hemat pangkal kaya. Sampai sekarang pun pepatah itu masih berlaku. Terlebih lagi saat harga-harga merambat naik seperti saat ini. Mau tidak mau banyak orang berusaha...

Tips Menghadapi dan Menanggapi Anak Yang Suka Mengadu

Tips Menghadapi dan Menanggapi Anak Yang Suka Mengadu

Bagaimana anda menghadapi anak yang sering mengadu? Apakah hal ini sesuatu yang harus dihentikan? atau tidak?.   Sebagian besar dari ingat tentu ingat ketika kita tumbuh dewasa...

Kebiasaan Gigit Kuku Dapat Menurunkan IQ Anak?

Kebiasaan Gigit Kuku Dapat Menurunkan IQ Anak?

Anak yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku biasanya didasari oleh ekspresi yang ingin diwujudkannya, salah satu emosi yang sering kali ditunjukan ketika anak menggigit kuku adalah rasa ingin...

Tips Menyenangkan Belanja Bersama Buah Hati

Tips Menyenangkan Belanja Bersama Buah Hati

Semua jadwal kegiatan harian atau jadwal tertentu yang telah anda susun dengan sebegitu apiknya mungkin memerlukan perubahan yang mendadak ketika anak anda merengek ingin ikut dengan anda,...

Bolehkah Ibu Hami Pijat Refleksi

Bolehkah Ibu Hami Pijat Refleksi

Selama kehamilan seringkali anda mengalami keluhan yang berhubungan dengan fisik anda. Salah satu yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil di trimester kedua hingga menjelang persalinan adalah...

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori, namun ternyata manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing...

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Manfaat teh hijau untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Kini bertambah satu lagi khasiat minuman yang kaya antioksidan ini. Sebuah penelitian terbaru...

Interior Kamar Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Interior Kamar Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Menurut salah satu penelitian yang pernah dipublikasikan mengenai proses tumbuh kembang anak, menyatakan bahwa proses tumbuh kembang otak yang berpengaruh kepada kecerdasan anak baik secara...

Cegah Pikun Di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Cegah Pikun Di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Pernahkah Anda lupa menaruh kunci mobil? Ataukah lupa mengingat password e-mail? Sebaiknya Anda patut waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda-tanda penurunan daya ingat di usia...

Tips Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Lemon

Tips Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Lemon

Jika Anda sering mengalami jerawat, biasanya flek hitam pasti muncul dari beberapa jerawat terparah yang sempat pecah atau mengalami infeksi. Lemon merupakan salah satu cara menghilangkan flek...

Tip Bersihkan Food Processor

Tip Bersihkan Food Processor

Alat ini pasti sangat membantu Mama menyediakan makanan lembut bagi anak. Beberapa sisa makanan bisa jadi masih menempel di alat ini bila Anda tak benar membersihkannya. Berikut cara...

Tips Menghilangkan Komedo

Tips Menghilangkan Komedo

Cobalah raba hidung Anda sambil melihat ke cermin, jika hidung terasa kasar dan terlihat ada bintik-bintik hitam maka itulah yang disebut sebagai komedo. Terdapat 2 jenis komedo yaitu komedo...

Tips Membawa Bayi Dalam Pesawat Terbang

Tips Membawa Bayi Dalam Pesawat Terbang

Bepergian naik pesawat dengan membawa bayi tentu bukan hal yang mudah. Perjalanan panjang, keruwetan keamanan di bandara, membawa kereta dorong, dan membawa perlengkapan bayi merupakan...

Tips Membawa ASI Perah Dalam Pesawat Terbang

Tips Membawa ASI Perah Dalam Pesawat Terbang

Ketika ibu yang sedang menyusui ingin melakukan perjalanan dengan pesawat terbang sambil membawa ASI perah, ada aturannya. Tidak perlu khawatir, ASI perah masih tetap bisa dibawa, asal mengikuti...

Tips Merawat Jas Hujan

Tips Merawat Jas Hujan

Menghadapi musim hujan yang melanda setiap setengah tahun, tentunya jas hujan menjadi sahabat Anda sehari-hari, terutama bagi Anda yang bepergian menggunakan sepeda motor. Selain lebih efektif...

TIPS Menghilangkan Malas

TIPS Menghilangkan Malas

“Tugas kuliah masih menumpuk di meja, Menghafalkan surat, yah…… hanya dapat ayat pertama saja sudah bosen, mau membaca tetapi mengantuk akhirnya buku-buku kajian beralih fungsi...

Penggunaan Obat Tradisional

Penggunaan Obat Tradisional

Selain  dosis dan aturan pakai, faktor keamanan obat tradisional ini juga bergantung pada cara Anda mengolahnya. “Perhatikan soal kebersihan saat meramu obat tradisional,” kata...

Manfaat Menakjubkan Air Putih

Manfaat Menakjubkan Air Putih

Bagaimana prosesnya, air putih yang sederhana bisa berubah menjadi begitu berharga? Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air...

Empat Buah Peredam Stres

Empat Buah Peredam Stres

Ternyata buah juga memiliki fungsi untuk membuat Anda merasa lebih tenang, santai, bahkan bermimpi indah, lho! Berikut daftar buah-buahan yang dapat Anda coba untuk mengisi waktu saat menunggu si...

Surat Cinta Kepada Suamiku

Surat Cinta Kepada Suamiku

Suamiku… Dia adalah yang menaklukan hatiku ketika pertama memandang Dia adalah hadiah Ar Rahman kepadaku setelah kesabaranku menanti Betapa sering dalam sujudku bermunajat Agar...

Buah Naga Si 'Buah Kaktus'

Buah Naga Si 'Buah Kaktus'

Ternyata, bangsa Meksiko terbiasa mengonsumsi tanaman kaktus, terutama untuk salad. Dan kini, banyak Mama yang gemar makan buah naga yang juga dikenal sebagai ‘buah kaktus’...

Etiket Fotografi Makanan

Etiket Fotografi Makanan

Jika Anda hobi memotret makanan di restoran, sebaiknya tetap perhatikan ‘aturan’ berikut:   Jepret foto dengan cepat. Jangan sampai makanan menjadi dingin atau si kecil...

Jika Ingin Mendapatkan Keturunan yang Shalih

Jika Ingin Mendapatkan Keturunan yang Shalih

Setiap orang tentu menginginkan anak yang shalih. Kehadirannya menjadi pelengkap kebahagiaan, pelipur lara, juga sebagai perhiasan di dunia. Anak yang shalih adalah salah satu bentuk nikmat Allah...

Syarat Wanita Kerja di Luar Rumah

Syarat Wanita Kerja di Luar Rumah

Bolehkah wanita kerja di luar rumah? Kalau boleh, apa saja syaratnya? Tetap Status Seorang Wanita Sebagai Ibu Rumah Tangga Lebih Terhormat Allah Ta’ala...

Copyright (c) 2009-2017 LapakBunda.com. All rights reserved.
ng